Bagaimana memberikan ASI exclusive sekalipun sudah bekerja di kantor

Banyak bayi sekarang ini yang tidak bisa mendapatkan ASI Exclusive (ASI 6-12 bln). Umumnya yang menjadi penyebab adalah ASI tidak dapat keluar lancar dan banyak, sehingga tidak mencukupi untuk kebutuhan bayi. Itu tidak salah, karna memang biasanya hari-hari awal pasca melahirkan, ASI mama masih belum keluar, apalagi dalam jumlah yang banyak.

Bagi mama yg sudah bisa menyusui dengan ASI, akan menghadapi problem yang sama ketika harus kembali bekerja. Seiring dengan berakhirnya masa cuti mama biasanya masa menyusui si kecil pun akan berakhir, karna umumnya setelah mama mulai bekerja maka lambat laun ASI mama akan semakin menurun kuantitasnya sehingga dalam waktu beberapa hari saja ASI itu akan habis dengan sendirinya.

Temukan alasan kuat untuk tetap memberikan ASI

Ada 4 alasan mengapa seorang mama yang bekerja tapi masih memberikan ASi untuk si kecil,

1. Dapat memberikan bayinya manfaat fisik dari menyusui ASI, yaitu lebih sedikit penyakit dan mengurangi resiko alergi.

2. Mengurangi rasa bersalah mama karena meninggalkan bayinya sepanjang hari, mereka tahu bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang penting bagi bayinya sementara mereka berada jauh dari sang bayi.

3. Mengalami kontak yang dekat. Saat mempersiapkan ASI atau menyusui, mama mempunyai kesempatan untuk mengalami kontak yang dekat dengan bayinya.

4. Manfaat emosional. Para mama yang memutuskan untuk tetap menyusui sekalipun telah kembali bekerja dapat menikmati manfaat emosional dari menyusui dalam waktu yang lebih lama.
Bagaimana menyiasati agar ASI lancar & banyak meskipun mama telah kembali bekerja?

Dikantor:

1. Bawalah botol susu saat ke kantor. Botol susu yang tidak terbuat dari bahan kaca, karena ASI akan bereaksi dengan bahan yang berasal dari kaca. Gunakan botol susu melamin.

2. Pompa keluar ASI pada jam-jam tertentu dimana anda merasa ASI sudah penuh dan bekukan (masukkan ke lemari es bagian atas). Lakukan hal ini rutin pada jam yang hampir sama setiap harinya, ini berguna untuk menjaga agar alarm ASI anda terus berfungsi.

Pengalaman mama: selama di kantor saya bisa mendapatkan 2 botol penuh ASI sebanyak masing-masing 120 ml dengan 2x pemompaan.

Dirumah:

3. Sesampainya di rumah bekukan kembali ASI yang anda bawa dari kantor. ASI tersebut dapat diberikan kepada bayi anda keesokan harinya pada saat anda masih bekerja.
4. Seusai membersihkan diri segeralah menyusui ASI kepada bayi anda. Untuk menunjang hal tersebut buat komitmen dengan pengasuh bayi agar tidak memberikan susu menjelang anda pulang kerja sehingga anda tidak kecewa karena menemukan bayi sudah kenyang pada saat anda akan menyusui.

5. Berusahalah untuk tetap memberikan ASI selama anda berada di rumah. Tujuannya agar produksi ASI anda terjaga. Bila anda konsisten menyusui ASI pada jam-jam tertentu bisa dipastikan produksi ASI anda akan tetap lancar.

Semoga tips diatas berguna buat mama atau calon mama !
Yang terpenting lakukan hal yang indah ini dengan cinta, lakukan semuanya dengan kasih dan sayang untuk sang buah hati anda, sehingga si kecil dapat memiliki masa-masa indah bersama mama.

No comments:

Post a Comment