Mama baru, begini cara menyusui bayi anda

Beberapa pengunjung yang masuk di website papadanmama.com banyak yang berasal dari search engine dengan keyword : persiapan bersalin, persiapan melahirkan atau memperlancar asi. Nah, mungkin banyak mama baru yang sudah mulai menyusui bayi, ada baiknya perhatikan beberapa hal dibawah agar anda bisa menyusui bayi dengan sukses.

Berikut beberapa kiat menyusui agar berjalan dengan sukses

1.Mengganti popok. Gantilah popok yang basah sebelum anda menyusui karena popok yang bersih dan kering akan membuat bayi merasa nyaman saat menyusui.

2.Mencuci tangan. Biasakan hal yang satu ini. Cucilah tangan anda dan bersihkan puting sebelum menyusui dengan kapas basah. Ingatlah selalu untuk memperhatikan kebersihan tangan anda sebelum memegang bayi anda.

3.Cari posisi yang nyaman. Sebelum meletakkan bayi di dada atau memasukkan botol ke dalam mulutnya pastikan posisi anda cukup nyaman, punggung dan lengan anda cukup mendapat dukungan. Ini penting agar lengan anda dapat bertahan dengan cukup lama.

4.Bangunkan bayi. Bayi baru lahir cenderung untuk tidur sepanjang hari maka anda dengan sengaja perlu membangunkannya untuk minum susu dengan sedikit menggelitik telapak kakinya atau belakang daun telinganya. Tidak perlu sampai bayi benar-benar bangun, tapi cukup bila bayi anda mengerti bahwa ini adalah waktu minum baginya. Bayi memiliki kemampuan minum susu sambil setengah tidur. Yang terpenting anda jangan ikut tertidur saat mengendongnya atau tertidur saat jam minum susu bayi anda.

5.Menciptakan kontak. Peluk dan usap bayi dengan tangan anda, pandangan mata dan suara anda. Ingat, masa menyusui bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi tetapi juga untuk memberikan cinta seorang mama. Anda bisa juga bercakap, bersenandung bagi bayi anda.

6.Berhenti sebentar untuk bersendawa. Pada saat pindah ke payudara sisi lain, beri kesempatan bayi anda untuk bersendawa. Juga cobalah membuat bayi bersendawa apabila tampaknya bayi ingin berhenti minum sebelum waktunya karena mungkin udaralah yang mengisi perut kecilnya bukan susu.

Setelah selesai minum, tegakkan dulu bayi anda sambil anda gendong, tunggu beberapa saat sampai dia bersendawa. Memang terkadang juga bayi anda tidak bersendawa, namun hal ini akan memberikan kesempatan bagi susu yang diminumnya untuk masuk dan tidak keluar lagi.

No comments:

Post a Comment