Sudahkah anda tersenyum hari ini?

Dalam sebuah penelitian, ternyata dalam satu hari seorang anak itu tersenyum atau tertawa adalah sebanyak 300 kali dan seorang dewasa itu sekitar 15 kali ! Wah, suatu perbedaan angka yang amat jauh ya… kalau di hitung secara rata-rata, berarti seorang anak itu tersenyum atau tertawa adalah tiap 3 menit dalam 14 jam per hari nya, sedangkan kalau seorang dewasa itu tersenyum atau tertawa adalah setiap 64 menit dalam 16 jam per harinya.

Mengapa demikian?

Selain ada beberapa hal yang membuat berbahagia (baca artikel sebelumnya) atau beberapa hal yang dapat membuat seseorang itu tersenyum dan tertawa, tersenyum atau tertawa juga sedikit banyak dipengaruhi oleh sifat dasar seseorang.

Apakah dia seorang sanguin yang populer, yang suka tersenyum, bahkan saat tidurpun dia terkadang masih tersenyum ! Atau dia seorang korelik sang pemimpin yang dapat diandalkan, seorang melankolis yang sempurna atau seorang plegmatis yang cinta damai?
Namun pengaruh terbesar terhadap seseorang itu mudah tersenyum atau tertawa adalah pikirannya saat itu.

Seseorang yang stress atau tertekan, tentu akan lebih jarang tersenyum… bagi anda yang jarang tersenyum, coba cek lagi… apakah ini penyebabnya? Apakah stress karena pekerjaan? Dead line?
Tahukah anda, kalau dengan tersenyum atau tertawa sejenak akan dapat melonggarkan ketegangan dan dapat memberikan power atau tenaga pada anda untuk kembali bekerja?
Suatu hari ketika papa terlambat berangkat kerja, stress juga karna jalanan macet sekali dan sampai di jalan kecil ada mobil yang tidak bisa lewat karena diserobot motor dan motor tersebut berhenti namun kurang ke kiri dikit.

Disini papa perhatikan si sopir mobil, dia tidak marah, cuman diam. Yang dibonceng si pengendara motor turun dan mengangkat pantat motornya ke kiri hingga mobil bisa kembali jalan. Disini terlihat si sopir tertawa bersama temannya karena kecerdikan motor tersebut.

Peristiwa kecil ini membuat papa dan mama tersenyum, karena ulah motor itu memang salah namun dia cukup cerdik untuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkannya. Daripada fokus kepada kesalahannya dan menambah beban sendiri karena stress macet tadi, lebih baik papa tersenyum dan fokus pada ulah cerdiknya itu.

Senyum itu menular lho !

Jadi sobat, tersenyumlah disetiap kesempatan dan bila anda punya anak kecil yang suka bercanda sampai cekikikan, ingatlah kalau dalam 1 hari, mereka bisa seperti itu sampai 300 kali. Keep smile and say… cheeeess ...........

No comments:

Post a Comment